Home » , » Tips Sukses Ulangan Kenaikan Kelas

Tips Sukses Ulangan Kenaikan Kelas


Minggu ini ujian tingkat sekolah dasar sudah akan berakhir. 

Ujian yang diujikan pada tingkat sekolah dasar adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn dengan sistem Ujian Sekolah Terkoordinasi Provinsi. Ujian terkoordinasi ini 75% soal ditentukan oleh provinsi dan kelulusan tetap sekolah yang menentukan. Jadi di SD sudah tidak ada lgi Ujian Nasional.

Nah, setelah kakak kelas 6 menyelesaikan ujian sekolah, maka selanjutnya giliran anak-anak kelas 1 sampai kelas 5 yang akan menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK)

Soal UKK di masing-masing tingkat kelas nantinya akan mengukur kemampuan siswa di dalam menuntaskan kompetensi dasar selama setahun di tingkat tersebut. 

UKK tersebut merupakan ujian terakhir yang akan dihadapi siswa di kelas tersebut. Jadi sukses di dalam ulangan kenaikan kelas ini memang sangat diharuskan. 

Agar bisa sukses di dalam menghadapi ulangan ini tentunya dibutuhkan usaha dan kerja keras dari siswa, guru dan  orang tua di rumah. Karena bagiamana pun pendidikan anak tidak hanya tugas dan tanggung jawab sekolah saja. 

Berikut ini beberapa tips sukses ulangan kenaikan kelas yang bisa dilakukan, diantaranya :


1. Jaga Kesehatan.

Di dalam tubuh yang sehat maka akan terdapat kemampuan yang prima untuk melakukan aktivitas.

Bila badan sakit, tentunya tidak akan memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas dengan maksimal.

Nah, kesehatan inilah yang penting sekali diperhartikan yang utama. Jangan sampai siswa atau anak anda ingin sukses dalam ulangan, mereka harus belajar sampai larut malam sehingga sampai lupa akan kesehatan.

Ini sangat merugikan bagi anda dan anak anda sendiri.

Jadi, penting bagi sekolah dan orang tua di rumah, untuk memperhatikan kesehatan

Kalau sudah anak dan siswa kita sehat, maka ulangan kenaikan kelas atau ujian bisa dilaksanakan dengan maksimal dan lancar.


2. Latihan soal

Mengapa ini penting?

Jelas sekali ini sangat penting. Bila siswa atau anak anda malas untuk membaca buku

Maka langsung saja kita berikan latihan soal. Dengan mengerjakan latihan soal maka mereka akan mencari sediri jawaban atas soal yang belum diketahui

Dengan mencari maka siswa akan membaca kembali materi pelajaran

Jadi, intinya usahakan agar mereka dapat melatih kembali materi pelajaran pada semester sebelumnya. Karena materi UKK tidak hanya materi di semester kedua saja.


3. Ikut Les Privat


Ini bisa membantu anak agar bisa belajar di rumah.

Dengan mengikuti les privat maka akan  mendapat bimbingan penuh dari guru

Tanyakan kepada guru mana materi yang belum mampu dikuasai dengan baik, sehingga memperoleh bimbigan dengan penuh dan ujungnya mampu menuntaskan materi tersebut.

Mungkin beberapa orang tua sedikit kesulitan untuk mengikutkan anaknya untuk les privat. Namun, tenang saja. Bagi para orang tua yang kreatif tentunya bisa menjadi guru di rumah bagi anak-anak.

Saya yakin, bila orang tua memiliki waktu dan mendampingi anak belajar di rumah

Prestasi anak di sekolah tidak akan mengecewakan.



4. Sembahyang dan Berdoa


Apapun usaha yang kita lakukan harus selalu terlebih dahulu memohon kepada Tuhan

Karena bagaimanapun juga

Beliaulah yang menentukan berhasil atau tidaknya usaha yang kita lakukan

Kita sebagai orang tua, mestinya senantiasa menamkan sikap ini. Jangan sampai anak rajin sembahyang menjelang ulangan atau ujian saja.

Esok hari dan seterusnya anak malah melupakan yang namanya ajaran agama

Jadi, doa yang disertai dengan usaha akan menjadikan sebuah kekuatan di dalam berusaha.


Demikian tips sederhana dan singkat yang bisa saya bagikan kali ini, semoga ulangan kenaikan kelas adik-adik dan anak-anak sekolah dasar semakin sukses dan berjalan dengan lancar.

Wasalam !!


0 komentar:

Post a Comment