Home » » Kreasi dari Bahan Lidi Bisa Dijadikan Peluang Bisnis

Kreasi dari Bahan Lidi Bisa Dijadikan Peluang Bisnis

Indonesia merupakan negara tropis. Hampir di seluruh wilayah Indonesia mememiliki jenis tanaman yang satu ini. Yah.. kelapa, siapa yang tidak tahu tanaman ini. Mulai dari akar, batang daun apalagi buah sering dimanfaatkan oleh manusia.

Akar tanaman kelapa banyak diguakan sebagai bahan campuran obat tradisional.
Saya pernah membeli minyak anget, dimana di dalam botol minyak tersebut direndam akar tanaman kelapa. Kasiatnya cukup manjur. Salah satu yang saya rasakan bisa menghilangkan pegal-pegal dan perut kembung.

Batang tanaman kelapa sudah sangat sering dimanfaatkan oleh manusia. Paling banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Kekuatan batang tanaman kelapa yang sudah tua tidak bisa diragukan lagi. Kayu dari pohon kelapa memiliki kekuatan yang sangat baik. Tanaman tersebut tidak bisa dimakan oleh rayap.

Kalu buah kelapa jangan dibahas lagi. Manfaatnya saya yakin teman-teman sudah pada tahu.
Lalu bagaimana dengan daunnya.?

Kalau di Bali, daun pohon kelapa atau yang disebut janur, memang sangat dimanfaatkan sekali sebagai sarana upakara atau bahan upacara.

Nah, lidi-lidi dari janur tersebut tidak hanya dibuang begitu saja. Bila anda jeli lidi tersebut bisa anda manfaatkan.

Adapun manfaat dari lidi diantaranya :

1. Bahan Sapu Lidi

Yang paling umum adalah sapu lidi. Saya yakin alat yang satu ini pasti akan ada di setiap lingkungan keluarga.
Sapu lidi yang beredar di pasar sekarang sudah dimodifikasi. Mulai dari gagangnya yang ada sudah menggunakan tangkai kayu atau plastik.
Sapu lidi bisa anda jadikan sebagai komuditi usaha anda. Bagi anda yang tinggal di daerah dengan populasi pohon kelapa, tidak ada salahnya anda mencoba usaha ini. Walaupun kelihatan sepele, bila anda cukup kreatif, pasti akan membuahkan hasil.

2. Piring anyaman lidi (Ingka)
sumber.google.com
Ingka merupakan piring yang terbuat dari anyaman lidi.
Bila anda pernah makan di warung makan di Bali, tidak sulit anda menemukan piring ini. Seiring perkembangannya ingka mengalami banyak perubahan bentuk, Mulai dari berbentuk bundar hingga berbentuk segi empat.
Selain sebagai piring. Perkembangan ingka juga banyak kini digunakan sebagai tempat untuk menyajikan makanan atau  tapat bahan sesajen dalam upacara agama di Bali.


3. Bunga hias dari sapu lidi
sumber. Google.com
Bila anda cukup kreatif. Lidi juga bisa anda gunakan sebagai bahan untuk membuat bunga hias. Kreasi ini bisa ada ciptakan sendiri. Mengenai motifnya anda pun bisa membuat bentuk yang berbeda.
Bila anda memiliki ide setelah membaca artikel ini. Cobalah, siapa tahu itu bisa anda kembangkan dan memberikan pendapatan bagi anda.







Tentunya masih banyak lagi kreasi yang bisa kita buah dari bahan lidi.
Yang terpenting dari semua itu adalah menemukan ide kreatif.
Bila anda memiliki sebuah ide, jangan dipendam begitu saja. Cobalah untuk mewujudkan ide tersebut. Siapa tahu dari ide yang sederhana, malah akan menghasilkan sesuatu yang luas biasa.

Sekian dulu semoga selalu berkungjung ke blog saya ini.
Bila anda tertaring dengan artikel saya. Klik Ctrl+D  dan simpan di browser anda.
Wasalam !!!!!


0 komentar:

Post a Comment