Home » » Apakah Alasan Kenapa Guru Memberikan PR Kepada Siswa ?

Apakah Alasan Kenapa Guru Memberikan PR Kepada Siswa ?


Apakah anda memiliki anak yang masih duduk di bangku sekolah?

Mungkin tugas pekerjaan rumah selalu diberikan oleh gurunya di sekolah, dan kadang anak anda tidak bisa mengerjakannya kemudian anda kadang kesal karena guru memberikan soal yang terlalu sulit.

Bahkan saya juga pernah mendengar celoteh siswa di sekolah, kenapa guru selalu memberikan pekerjaan rumah.

Baiklah bagi anda yang membaca artikel ini adalah seorang pelajar, kali ini saya akan mengupas mengapa guru memberikan pekerjaan rumah (PR) secara rutin kepada anda.


# GURU ADALAH TENAGA PENDIDIK YANG BERTUGAS MEMBELAJARKAN SISWA.


Ada beberapa alasan kenapa guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa, alasan tersebut memberikan manfaat yang besar bagi siswa itu sendiri. Ingat, guru adalah tenaga pendidik, jadi seorang guru sudah memiliki naluri untuk memberikan yang terbaik kepada siswanya.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa guru memberikan PR bagi siswanya.

Membiasakan diri siswa untuk mengulang kembali pelajaran

Nah, biar anda tahu kalau PR yang diberikan oleh guru di sekolah memiliki manfaat agar siswa mau mengulang kembali materi yang telah dipelajari. Penting sekali kita mengulang mempelajari kembali materi pelajaran. Dengan mengulang kembali, kita akan lebih memahami dan mengingat informasi yang telah dibaca. Jadi jangan beranggapan bahwa PR itu hanya memberatkan saja.

Melatih siswa untuk belajar bertanggung jawab terhadap tugas

Sikap tanggung jawab merupakan sikap yang tidak bisa tumbuh begitu saja tanpa adanya pembiasaan sejak dini. Guru memberikan pekerjaan rumah bertujuan agar siswa mampu bertanggung jawab atas tugas yang diperolehnya dan berusaha memberikan yang terbaik terhadap tugas tersebut.

Mewujudkan sikap berdisiplin
Dengan mengerjakan tugas dan berusaha agar selesai tepat waktu, para pelajar dididik untuk selalu bisa memberikan yang terbaik dan memiliki jiwa berdisiplin di dalam melaksanakan tugas.

Mengukur kemampuan diri siswa

Mengerjakan pekerjaan rumah akan memberikan pengalaman kepada anak untuk mengukur kemapuan dirinya terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajari. Bila siswa mampu mengerjakannya dengan baik tanpa bantuan dari orang dewasa atau orang tua di rumah, akan menumbuhkan sikap pada diri siswa tentang kemampuan dirinya.

KESIMPULAN

Guru selalu memberikan yang terbaik kepada anak didiknya.
Sebagai anak didik sudah seharusnya mematuhi apa yang diberikan dan ditugaskan oleh guru. Layaknya bagaimana para Panca Pandawa belajar kepada Guru Drona. Dan betapa hormatnya mereka kepada gurunya. Itulah yang hendaknya ditiru oleh generasi sekarang ini.
Mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik maka akan mampu menumbuhkan rasa percaya diri siswa.
Sebagai orang tua sudah merupakan kewajiban untuk ikut memperhatikan dan mendampingi sang buah hati di dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya.
Disini bermaksud bukan berarti orang tua yang mengerjakan PR sang anak. Kalau demikian, sama saja anda meracuni anak anda sendiri.
Mendampingi dengan memberikan suport dan memberikan petunjuk manakala sang anak menemukan kesulitan. Sehingga anak akan merasa lebih bahagia karena ditemani oleh orang tua mereka sendiri.
sekian dulu tulisan kali ini semoga bermanfaat. Wasalam





0 komentar:

Post a Comment