Home » , » Kegiatan yang Bisa Dilakukan Pada Musim Hujan

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Pada Musim Hujan


Di negeri kita ini hanya mengenal dua jenis musim. Apa lagi kalau bukan musim hujan dan musim kemarau. Dua musim ini terjadi karena kita berada di garis khatulistiwa. Nah, berada pada garis ini membuat iklim di Indonesia menjadi beriklim tropis. Dengan iklim tropis tersebut menjadikan Indonesia hanya memiliki dua musim.

Aktivitas manusia pada musim tersebut menciptakan perbedaan yang sangat mencolok pada kegiatan manusia. Kadang kala kegiatan tersebut dirasa menguntungkan dan sangat merugikan apabila dilakukan pada musim yang salah.

Misalnya kalau anda berjualan es cendol pada musim hujan. Tentu hasilnya akan jauh dari yang namanya untung. Bisa rugi total kalau kita melakukan ini. Begitu juga kalau musim kemarau anda berjualan es cendol, wah pasti akan laris manis. Jadi, pilih usaha yang tepat pada musim yang tepat pula. 


Aktivitas yang tepat dilakukan saat musim hujan


Memilih kegiatan yang tepat pada musim hujan akan memberikan ada banyak keuntungan. Anda pun tidak akan merasa di rugikan ketika melakukan kegiatan tersebut.

Musim hujan memang kerap terjadi turun setiap satu tahunnya. Kadang membuat beberapa kegiatan kita menjadi terhambat. Kendala pada musim hujan inilah yang dirasakan oleh setiap orang. Sehingga mereka mengatakan kalau musim hujan sering mengganggu aktivitas.

Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang tidak bisa lepas dari segala rencana Tuhan, harus bisa menerima semua ini dengan rasa iklas dan menjalaninya dengan penuh semangat.

Ketika musim hujan aktivitas yang bisa anda lakukan agar tidak merasa hujan menghalangi keseharian anda dan menjadikan hujan sebagai sebuah jalan untuk menemukan aktivitas yang baru dan tentunya lebih bermanfaat. 

Maka dari itu, bila musim hujan lakukanlah kegiatan berikut ini :

(1) Tidur-tiduran

Wah dilihat dari nama aktivitas ini memang terkesan sama dengan bermalas-malasan. Hanya tiduran pasti orang akan bilang hanya membuang waktu saja. Namun, jangan dilihat dari sisi tersebut. Dengan tiduran anda akan bisa memberikan kesempatan beristirahat bagi fisik anda. Anggap saja musim hujan menginginkan anda untuk melepas kepenatan diri anda.

(2) Mencoba resep masakan

Kalau sudah hujan-hujan maka pastinya perut akan selalu lapar.
Nah, tidak ada salahnya ketika musim hujan, anda mencobakan membuat masakan dari sejumlah resep masakan yang sudah anda pelajari. Sambil menunggu hujan renda, maka perutpun bisa menyantap makanan yang enak.


(3) Menonton TV bersama

Yah, aktivitas ini paling lumrah dilakukan oleh kalangan masyarakat kita. Wajar saja, sebab televisi merupakan media hiburan yang paling mudah diperoleh dan banyak pilihan. Jadi ketika musim hujan, yah nonton acara di televisi paling mantap.

(4) Ngerumpi 

Kalau saya paling sering melakukan yang satu ini. Apalagi ketika hujan-hujan. Wah cerita bareng keluarga tidak ada habisnya. Apalagi saya punya istri yang kebetulan bawel dan banyak omongnya. Tapi ada satu yang paling saya sukai. Kesetiaan dan pengabdiannya pada diri saya. Hehehe.... saya bilang satu, ternyata ada lebih dari satu.

(5) Baca buku atau komik

Boleh juga kegiatan ini anda jadikan sebagai sebuah pilihan manakala hujan. 
Murah dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa membaca di teras rumah, di kamar, bahkan di ruang lain yang tentunya nyaman bagi anda.

(6) Internetan

Meskipun hujan turun dan kita tidak bisa jalan-jalan keluar. Hey ... hey... anda bisa tetap keluar dan masuk ke dunia maya. Yup, apa lagi kalau bukan internetan. Anda bisa blogging dan browsing. Informasi selalu terupdate dan pastinya tidak ada hujan disana.

Demikianlah sobat tips singkat yang bisa saya bagikan. Terimakasih atas kungjungan anda dan semoga selalu setia dengan blog sederhana ini. Wasalam.



1 komentar:

  1. Wah terimakasih Mas Uda atas kunjungannya. Ya nih mas, daerah saya juga baru diguyur derasnya hujan. Hahaha... kopi hitam manis ya Mas Uda? :)

    ReplyDelete