Home » » Manfaat Jalan Berliku-liku di Pegunungan

Manfaat Jalan Berliku-liku di Pegunungan


Setiap kita berpergian ke sebuah tempat yang berada daerah perbukitan atau pegunungan, jalan yang kita lalui tidak pernah lurus. Selalu berliku-liku. Memang sih belokannya cuma ada dua saja. Belok kanan dan kiri saja.

Dengan kondisi jalan demikian memang akan memberikan suasana perjalanan yang sedikit berbeda dari yang lainnya. Perjalanan akan tambah lama dan panjang.

Dengan jarak tempuh yang panjang, pasti akan menguras energi. Kalau kendaraan bermotor energi berasal dari bahan bakar, jadi akan boros bahan bakar.

Kenapa jalan harus dibuat berkelok-kelok?

Bukan tanpa alasan sob jalan di bukit atau pegunungan di buat berliku-liku. Anda bisa bayangkan bila jalan tersebut tidak dibuat berliku, maka akan terjadi diantaranya :

  • Gaya yang akan digunakan akan semakin besar. Sehingga hanya kendaraan tertentu saja yang akan bisa menaiki jalan perbukitan.
  • Bila tidak dibuat berkelok-kelok pastinya jalan tersebut akan menanjak. Dengan jalan yang menanjak maka akan memerlukan energi yang besar untuk mengangkat beban.
  • Beban yang dibawa akan terasa lebih berat.
  • Bisa menimbulkan jalan turunan yang sangat tajam.
Baca juga :


Kesimpulan

Jalan dibuat berkelok-kelok di pegunungan memang akan membuat jarak tempuh semakin panjang, dan juga akan membuat energi yang terpakai semakin banyak.

Selain kekurangan tersebut, jalan diberkelok-kelok membuat kita bisa menaiki tempat yang tinggi dengan mudah. Dan pastinya semua jenis kendaraan bisa menaiki jalan tersebut.

Demikianlah manfaat jalan berliku-liku di pegunungan. Salam dari Gus Ten


0 komentar:

Post a Comment