Home » » Langkah-langkah Pembelajaran Bangun Datar Persegi Panjang

Langkah-langkah Pembelajaran Bangun Datar Persegi Panjang

Pembelajaran bangun datar sudah mulai diperkenalkan di sekolah dasar. Siswa mulai memahami tentang bentuk-bentuk bamgun datar dengan metode pembelajaran yang dirancang oleh guru dengan menarik dan tentunya menumbuhkan keaktifan peserta didik.


Bangun datar yang mulai diperkenalkan mulai kelas rendah. Namun masih belum pada tahap analisis gambar. Kegiatan yang dilakukan di kelas rendah seperti :

  • Pengenalan tentang gambar bidang datar.
  • Mencocokkan gambar yang sejenis
  • Menemukan bidang datar pada lingkungan kelas
  • dan mewarnai gambar-gambar bidang datar.
Semakin tinggi kelas nanti, guru tidak lagi memberikan pengenalan-pengenalan tersebut.
Langkah selanjutnya guru mengajak siswa untuk mengenal tentang ciri-ciri dari bidang datar.

Misalnya di dalam mengajarkan bidang datar. Langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Guru mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas.
  2. Guru mengajak siswa mengamati suasana di sekeliling kelas. selanjutnya meminta siswa untuk menemukan mana permukaan dari benda di kelas yang berbentuk bidang datar.
  3. Siswa menemukan bidang datar yang ada di kelas, misalnya : permukaan papan, permukaan dinding, latai kelas dan benda lainnya yang memiliki bidang datar.
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, bahwa akan mempelajari bangun datar persegi panjang.
  5. Siswa menemu tunjukkan sisi pada persegi panjang
  6. Siswa menemu tunjukkan sudut pada persegi panjang.
  7. Siswa menemu tunjukkan jumlah sisi pada persegi panjang
  8. Siswa menjelaskan ciri-ciri dari persegi panjang
  9. Guru menunjukkan gambar bidang datar kepada siswa.
  10. Guru memberikan penguatan terhadap siswa, tentang hasil kerja mereka.


0 komentar:

Post a Comment