Home » » Memanfaatkan Sudut Pekarangan Untuk Bertani

Memanfaatkan Sudut Pekarangan Untuk Bertani

Bertani mungkin bagi sebagian orang hanya bisa dilakukan di sawah. Namun, bagi seseorang yang kreatif bertani juga bisa dilakukan di pekarangan rumah. 

Mangapa bisa ?

Tentu bisa bila anda memiliki keinginan yang kuat untuk memanfaatkan sudut dari pekarangan yang masih bisa dijadikan tempat untuk bercocok tanam. Sesempit apa tempatnya, tetap bisa anda jadikan sebagai lahan. 

Bila kita lihat pekarangan tempat tinggal kita, pasti ada satu sudut yang kosong.

Nah, bila ada tempat demikian mengapa kita tidak menfaatkan hanya sekedar untuk lahan menanam jenis tanaman yang sering diperlukan di dalam rumah tangga. Seperti bawang, cabai, sayuran, dan jenis bahan pokok keseharian lainnya yang bisa anda cari bibitnya dengan mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang lama.

Pemanfaatan sudut pekarangan rumah sebagai lahan bertani, tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan pokok harian anda tetapi juga dapat memberikan suasana rumah yang sejut dan menghijau. Jelas ini akan sangat memberikan suasana ketenangan bagi anda dan keluarga anda.

Sudahkah anda melakukan hal tersebut ?

Bila belum segeralah melakukan hal tersebut dari sekarang. Jangan biarkan lahan pekarangan anda kosong begitu saja dan tidak memiliki manfaat.

Demikian tips singkat kali ini, semoga bermanfaat.


2 komentar:

  1. Alhamdulillah saya sudah pernah melakukannya Sob.

    Kebetulan halaman rumah saya kan agak luas tuh. Nah, daripada nganggur akhirnya saya manfaatkan untuk menanam berbagai macam tanaman sayur pada polibag dan alhasil bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Bahkan pernah juga sebagian diantaranya saya titipkan pada tukan sayur untuk dijual. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,, mantap sekali itu mas. Saya baru mulai mencoba nih. Trimakasih atas kunjungannya :)

      Delete