Home » » Lakukan Ini Bila Kepanasan di Malam Hari

Lakukan Ini Bila Kepanasan di Malam Hari

Malam hari ini terasa panas sekali. 


Padahal sebelumnya hujan sempat mengguyur kampung saya. Namun, entah darimana datangnya angin yang menghembuskan mendung, sehingga hujan pun tidak terlalu deras menghampiri.

Bagi saya seorang anak yang lahir dan tinggal di desa suasana panas dan dingin memang kerap dirasakan.

Tanpa adanya alat pendingin atau penyejuk ruangan memang kurang nyaman bagi sebagian orang yang mungkin sudah terbiasa tinggal dengan fasilitas yang lengkap.

Kepanasan dan kedinginan ?

Yah, itu terkadang dirasakan dan tidak ada sikap untuk menyesalinya

Semua saya terima apa adanya saja. 

Hidup bersama istri dan kedua orang tua sangat saya syukuri sekali.

Nah, malam hari ini saya rasakan panas ruangan tidak ketulungan.

Saya pun sedikit gerah dan mencari tempat yang adem. 

Hal yang biasa saya lakukan bila pada malam hari kepanasan adalah dengan cara berikut ini :

1. Duduk di teras rumah


Wah, repot juga nantinya.
Ini merupakan aktivitas yang saya lakukan setiap hari manakala suasana udara terasa panas pada malam hari.

Saya memilih duduk di teras rumah karena akan lebih baik, dari pada duduk di bawah pohon. 

Kenapa tidak  di bawah pohon? Ada hantunya? 

Hehehe... bukan, bukan masalah hantu segala

Mungkin anda masih ingat pelajaran pada waktu sekolah dasar. 

Di siang haru tumbuhan akan melakukan fotosintesis. Dan salah satu hasil fotosintesis yang dilakukan tumbuhan adalah menghasilkan oksigen.

Nah, itulah sebabnya mengapa di siang hari saat kita ngadem di bawah pohon akan terasa sejuk.

Lalu pada malam hari kenapa....???

Oke sobat, dimalam hari sebaliknya, tumbuhan bukannya mengeluarkan oksigen. Tumbuhan akan mengeluarkan gas karbondioksida. Nah, kalau pada malam hari anda tidur atau duduk di bawah pohon yang rindang, maka kita akan banyak menghirup gas karbondioksida.

Itulah sebabnya akan membuat kita lemas.

Bukan karena ada hantunya, tapi karena kelebihan menghirup gas karbondioksida.

Jadi, duduk ti teras rumah akan lebih aman dan nyaman.


2. Rebahan di lantai keramik



Untuk urusan nyari yang sejuk tanpa AC, kita bisa memanfaatkan yang satu ini.

Ubin atau keramik lantai. Nah, coba anda pegang ubin anda.

Pasti akan terasa dingin. Jika anda kepanasan di malam hari rebahan saja sejenak di lantai.

Ademnya akan terasa begitu alami. Namun, jangan sampai anda tiduran sampai pagi di lantai. Itu kurang sehat. Panas badan anda akan diserap oleh lantai.  Bila ini terjadi keesokan harinya anda bisa lemas.

Apapun yang ada lakukan secara berlebihan tentunya kurang baik.

Bisa berdampak buruk bagi diri anda sendiri.

Berikutnya hal yang bisa anda lakukan adalah,

3. Kipas-kipas (Pakai kipas angin atau pakai 

Hohoho..... bila anda tidak memiliki AC, lakukan saja cara yang satu ini. 

Pakai kipas saja. Lebih aman dan tanpa CFC. Kesejukan alami dari udara yang bersih. 

Yah... walaupun akan sedikit menguras tenaga

Capek so pasti.... 

Apa lagi kipas-kipasnya pakai tangan

Kalau memakai kipas angin mendingan. 

Nahh.... saya rasa hal itu tidak akan mengurangi semangat anda untuk mencari kesegaran. 


Sekian dulu. Wasalam 


0 komentar:

Post a Comment