Home » » Aktivitas Rutin Seorang Blogger dalam Mencari Ide

Aktivitas Rutin Seorang Blogger dalam Mencari Ide

Menulis merupakan sebuah aktivitas yang rutin dilakukan oleh seorang jurnalis, pujangga, sastrawan dan blogger tentunya.

Menulis memang merupakan kegiatan yang tampak mudah bila kita lihat. Bila sudah tahu huruf dan mampu merangkainya menjadi kata, kalimat hingga paragraf, anda sudah bisa menjadi seorang penulis.

Untuk menjadi seorang penulis tentunya tidak hanya sekedar menulis tanpa memperhatikan makna di dalam tulisannya. Kebermanfaatan tulisan kepada si pembaca nantinya. Ini juga harus anda perhatikan sebagai seorang penulis, apalagi penulis sebuah blog pribadi. 

Sangat diinginkan bagaimana tulisan anda mampu memikat hati si pembaca.

Terkadang tulisan tidak bisa hadir begitu saja di depan layar komputer anda. Kebutuan ide sering dialami oleh para blogger pemula. Wajar saja ini terjadi, mengingat sebagai seorang pemula pasti belum mampu menghasilkan sebuah ide yang maksimal dan brilian. Namun, semua itu bisa diatasi bila kita mampu berlatih dan terus berlaih.

Bila kebuntuan ide terjadi, banyak diantara para blogger yang melakukan aktivtas lain, yang mungkin melenceng jauh dari aktivitas blogernya. Dan tidak sedikit juga dengan aktivitas yang baru tersebut malah menambah inspirasi baru di dalam menulis.

Berikut ini akan diulas sedikit tentang kegiatan yang dilakukan oleh seorang blogger dalam mencari ide menulis.

1. Browsing

Bagi setiap kalangan aktivitas browsing sekarang ini adalah kegiatan yang pasti dilakukan. Banyak informasi yang bisa kita peroleh dari kegiatan yang namanya browsing. Yang terpenting yang harus anda lakukan adalah mencari dengan selektif informasi yang akan anda cari.

Demikian pula bagi seorang penulis bloger, seperti saya ini. Aktivitas browsing menjadi kegiatan rutin. Seperti sarapan di pagi hari atau mandi di pagi hari.

Dengan memperbanyak browsing seorang penulis akan memperoleh ide. Bisa saja bersasal dari isu-isu yang mulai banyak beredar di masyarakat, kemudian diangkan menjadi sebuah artikel. Kemudian dibagikan kepada seluruh pengguna internet. Waow, bukankah itu sangat mengesankan? Anda akan menjadi seorang yang terkenal.


2. Baca situs tetangga

Kegiatan ini memiliki keterkaitan dengan browsing. Dengan browsing maka anda akan menemukan berbagai situs yang menyediakan informasi yang anda cari. Untuk memahami sajian informasi tersebut, maka anda tentunya harus mau membacanya. Ingat, jangan sampai anda sebagai seorang bloger namun anda miskin literasi, wah sangat mengherankan kondisi tersebut.

Seorang penulis akan mampu menghasilkan sebuah karya tulis yang berkualitas bila selalu membaca. Dengan membaca maka perbendaharaan anda akan bertambah. Kemampuan menulis anda pun akan semakin baik. Sehingga saat menulis, tulisan anda akan mengalir dan terus mengalir dari pikiran anda, tanpa anda merasa kebingungan apa  yang akan di tulis.


3. Saling berbagi di grup 

Kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan terfavorit saya. Bila ingin menemukan sebuah ide maka saya bisa melakukan kegiatan sharing di group.

Disini kita bisa saling berbagi tentang masalah dan kendala yang dihadapi saat menulis. Termasuk tips untuk mencari sebuah ide di dalam menulis.

Mungkin anda sudah melakukan kegiatan ini??

Saya rasa pasti sudah bahkan mungkin lebih lama daripada saya.

Jangan suit-sulit untuk mencari grup. Di media sosial banyak ada gruop sesuai dengan topik yang anda inginkan.

Mulai dari facebook, twiter , instagram, path, hingga google+

Kalau anda paling suka yang mana??

Wah, beda dengan saya. Saya lebih menyukai sharing dengan google+. Jangan tanya kenapa?



0 komentar:

Post a Comment