![]() |
gusten85.blogspot.com |
Banyak diantara para guru sekolah dasar khususnya kelas 5 pasti mengalami banyak masalah di dalam pembelajaran yang mereka laksanakan di kelas.
Masalah yang dialami begitu kompleks dan banyak sehingga guru sering sulit untuk menentukan kemana alur di dalam menyelesaikan sebuah masalah tersebut.
Ketika dihadapkan dengan tulis menulis karya ilmiah, guru sering kesulitan di dalam menentukan apa kesulitan di dalam pembelajaran yang diampunya. Kali ini saya akan mengajak Bapak/Ibu guru kususnya guru kelas 5 sekolah dasar untuk merenung sejenak dan mari mengingat bagaimana pembelajaran anda tadi di kelas.
- Apakah siswa anda aktif untuk belajar?
- Siswa kesulitan memahami materi yang anda sampaikan?
- 50% siswa masih memperoleh nilai dibawah ketuntasan minimal?
- Media yang ada gunakan kurang membangkitkan gairah belajar siswa?
Itu semua adalah renungan sederhana yang bisa anda lakukan setiap selesai mengajar dikelas.
Masalah pembelajaran tersebut harus bisa diselesaikan dengan metode yang dirancang oleh guru.
Saya pun mengalami masalah pada pembelajaran yang saya ampu. Khsusnya pembelajaran matematika dengan materi skala di kelas 5 semester 2. Pada pembelajaran yang saya laksanakan tersebut, mengalami beberapa kendala diantaranya :
- Siswa mengalami masalah dalam menentukan skala suatu tempat bila jarak pada gambar dan jarak sebenarnya diketahui.
- Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan jarak pada gambar.
- Siswa juga mengalami kesulitan cara mencari jarak sebenarnya.
Masalah tersebut kadang membuat saya pesimis di dalam mengajar. Dari 29 orang siswa hanya 10 orang yang mampu memahami materi pembelajaran yang disajikan.
Demikian masalah saya, bagi rekan-rekan yang bisa membantu silahkan di koment ya, wasalam
iya..... secara umum matematik dikelas 5 memang kadang terasa lebih berat menyampaikannya, bahkan bila dibanding kelas 6 sekalipun
ReplyDeletesalam ngeblog
Iya mas Abdul Hamid itulah yang saya rasakan. Tapi hanya bisa bersabar dan berusaha memberikan yang terbaik untuk siswa.
DeleteTrimakasih mas atas kunjungannya. Mohon mampir-mampir kesini mas