Home » » Trik Jitu Membina LCT Siswa SD

Trik Jitu Membina LCT Siswa SD


LCT atau lebih panjangnya disebut lomba cerdas cermat. Pada tahun ini sekolah tempat saya bekerja akan mengikuti lomba LCT. Nah, pada ajang lomba kali ini, masih dilombakan pada level setingkat gugus. Masih rendah ya kawan? 

Memang bila kita lihat memang demikian kenyataannya. Ibarat mau naik ketingkat yang lebih tinggi, ya pastinya kita memulainya dari bawah. Lomba LCT tahun ini dilaksanakan dalam acara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Siswa yang dikirim tahun ini yaitu siswa dari kelas 4 dan 5. Dalam lomba ini kebetulan saya sendiri menjadi wali kelas 5. Jadi saya pun memilih siswa yang saya pandang layak untuk ikut lomba tersebut.

Dalam pemilihan dan persiapan lomba saya sedikit mengalami kesulitan. Sebab, siswa kelas 5 sering melupakan materi pelajaran kelas 4. Siswa yang dikategorikan memiliki kemampuan baik, malah kurang cermat di dalam berkompetisi. 

Berkaca dari kondisi ini, saya pun melakukan beberapa cara dan upaya untuk memperoleh siswa yang berkompentensi dan siap di dalam mengikuti lomba.

Berikut akan saya paparkan bagaimana cara saya di dalam memilih dan membina siswa peserta lomba LCT untuk jenjang SD, diantaranya :

(1) Mengkolaborasikan peserta

Cara ini saya lakukan mengingat kemampuan siswa yang sangat beragam. Jadi saya kolaborasikan siswa kelas 4 dengan kelas 5. Tentunya siswa yang memperoleh peringkat 6 besar di kelasnya. Mereka kemudian di kelompokkan. Tiap kelompok berjumlahkan 3 orang. 
Saya menempatkan di tiap kelompok terdiri dari 2 orang siswa kelas 5 dan 1 orang siswa kelas 4. Nah maka saya jadikan mereka 3 regu. 

(2) Membuat kompetisi kecil

Kelompok yang sudah terbentuk tersebut selanjutnya saya kompetisikan. Suasana saya buat seperti sedang lomba sebenarnya. Tentu hal ini tidak bisa saya lakukan sendiri. Maka saya pun dibantu oleh beberapa rekan kerja. 

(3) Soal-soal dikomposisikan 1 : 2

Soal-soal yang saya berikan dengan perbandingan 1 : 2. Satu soal untuk materi kelas 4 dan dua soal untuk materi di kelas 5. 
Soal yang diberikan bukanlah soal pilihan ganda. Melainkan soal jawaban singkat. 
Ajang perlombaan pun di mulai.

(4) Amati Siswa yang Cermat dan Tanggap

Saya memberikan peluang kepada semua anggota ditiap kelompok untuk menjawab pertanyaan. 
Disinilah kita akan melihat mana anak yang cermat di dalam menyelesaikan tugas.
Pilihlah siswa tersebut. Lalu jadikan mereka menjadi satu regu yang baru.

Setelah terbentuk kelompok baru. Maka lakukanlah pembinaan kepada mereka dengan rutin. Perbanyak tanya jawab dan soal-soal yang umum. 

Demikian trik dari saya, semoga bermanfaat !

Wasalam


0 komentar:

Post a Comment